Jumat, 18 November 2011

MENGATASI ENGINE STOP NGADAT

Sama seperti beberapa motor sport lain, mematikan mesin pada Yamaha Scorpio tidak perlu memutar kunci kontak ke posisi off.  Tapi cukup memanfaatkan tombol fitur engine stop (ES) mesin motor akan mati.
Cuma, akibat keseringan dipakai, tapi minim perawatan, kerap kali membuat piranti tersebut rusak atau bermasalah. Biasanya yang sering terjadi adanya kerusakan pada bagian kabel-kabelnya. Tinggal kita urut lagi dan bisa kita kerjakan sendiri.

Langsung saja bongkar pusat permasalahannya, ES yang ada di setang. Setelah semua terlepas dari pegangannya, langsung kita buka piranti tersebut sampai terbelah dua. Pertama, cek rumah ES apakah ada yang ganjal semisal karatan atau ada mekanisme yang rusak. bila tidak kita tinggal bersihkan.

Usai cek mekanisme ES yang dirasa tidak ada kerusakan. Lanjut buka batok lampu kita urut kabel dari ES-nya sampai ditemukan (Gb. 1). Kalau sudah, gunakan avometer cermati jarum penunjuknya, apakah bergerak menandakan ada tegangan atau malah diam saja indikasi tidak ada arus. Bila tidak ada, berarti masalah sudah ditemukan. Tinggal kita coba perbaiki.(Gb. 2)

Langsung potong kabel bermasalah itu Berikutnya, kita sobek permukaan kabel sampai bertemu serat di dalamanya. Jika sudah, kita tinggal sambung lagi atau bisa juga keseluruhan kabel ES diganti jika masih ada keraguan.(Gb. 3) Terakhir, kita coba pengetesan pada ES. Jika sudah berfungsi normal, baru kita lakukan pemasangan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar